Membuat Cemilan : Pizza

2:59 PM

Happy Ied Mubarak Semuanyaaa...,

Mohon maaf lahir dan batin..., :D

Biasanya gw psti cerita pengalaman mudik gw tiap tahunnya, tapi untuk tahun ini alhamdulillaah perjalanan lancar.., gw gak perlu nunggu di bandara dari malam-malam...

Eniwey, sebenarnya bukan itu yang mau gw cerita tapi acara masak-masak cemilan sore... :D

Karena walopun udah banyak kue lebaran dan makanan khas lebaran... kepengen juga makan cemilan lainnya.

Nah, tergiur dengan kiriman foto hommade pizza dari teman gw, akhirnya gw pun berencana pengen buat pizza.

Tanya sama temen gw, bahan apa ajah yang dibutuhin :

1. tepung cakra kembar (awalnya gw tanya temen gw apa beda cakta kembar dengan segitiga biru, ternya perbedaannya di kandungan proteinnya, protein cakra kembar lebih tinggi dari segitiga biu, dan cakra kembar lebih khusus digunakan untuk buat roti atau mie)
2. induk roti
3. gula dan garam
4. saus tomat dan saus spaghetti gw gunain untuk masak topping.
5. sosis
6. air
7. miyak
8. keju


IMG_1786
ingrediens 
Cara membuat :

1. masukkan 1 sdt gula dan 1 sdt induk roti di campur dengan air hangat setengah gelaskecil lalu diamkan selama 10 menit sampai berbusa.
2. setelah lewat 10 menit, lalu campurkan tepung cakra kembr 1 3/4 gelas dan garam 1 sdt lalu diaduk.
3. selama di aduk lalu campurkan minyak sayur 2-3 sdm
4. diaduk sampai kalis, kalo ngerasa masih cair bisa ditmbahin tepung lagi.
5. kalau udah kalis, tutup istirahatin adonannya sekitar 1 jam-an.

cats
adonan
Sambil menunggu adonan doughnya mari kita lanjut untuk buat toppingnya. Untuk buat toppingnya gak terlalu ribet, dan gw emang gak mau ribet.

1. potong halus bawang putuh dan awang bombay, lalu tumis
2. jika bawang putih dan bawang bombay sudah halus, masukkan saus spaghetti dan saos tomat.
3. selanjutnya masukkan sosis. masak sampai dirasa cukup. :D

IMG_1804
topping
Setelah 1 jam, ambil adonan yang sudah mengembang, lalu letakkan di loyang. nah untuk adonan doughnya sesaui selera, kalo gw buatnya tipis, biar habis dimakan juga itu rotinya.

Tapi sebelum ditaburin topping, sebelumnya masukkin adonan ke dalam oven terlebih dahulu sambil di olesin minyak dan ditusuk pake garpu.alasan ap yak???, ntar tunggu komen dari temen gw ajah dini hehehe... ato biar krispy mungkin :D

tunggu 5 menit, lalu keluarin dari oven, baru diolesin dengan topping. dan jagan lupa di taburin keju. nah ini..., gw udah keliling keluar masuk mini market yang ada di tanjungpandan ini tapi gak ada yang jual keju yang quick melt, jadinya gw beli keju cheddar dan di parut. berharap sieh bisa melted, tapi ternyata ngak. hahahaha...

IMG_1809
keliatannya enak
Panggang adonan, tunggu sampai keju sudah kecoklatan, dan roty sudah krispy.

Woalaaah, pizza ala-ala udah jadi... :D, rasanya OK sieh walopun ini pertama kami nyoba :D

IMG_1810

You Might Also Like

2 comments

  1. Gw baru baca deh tulisan ini,hahaha
    Enak kaan enak kaan..nanti toping bisa kreatif lagi tin pake tuna kaleng, jagung manis, jamur, seru dah..

    Pre baked itu klo menurut yg gw baca biar krispi, n topingnya gak kelamaan di panggang
    Keju klo kelamaan jadi gosong, gak cantik lagi gtcuu..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh..., entar mau nyoba lagi.., kalo pulaaaang kerumah..., hahaha...,

      :D

      Delete