Jalan - Jalan : Wisata Belitung Gak Hanya Pantai Aja

12:45 PM

Banyak Yang Kenal Pulau Belitung karena film laskar pelangi. karena di dalam film laskar pelangi terekam jelas pantai indah pulau belitung.

Dan wisata yang banyak dikunjungi  di belitung adalah pantainya dengan warna air biru emerald, yang terkenal pantai tanjung tinggi dan island hoop.

Cerita tentang pantai-pantai di belitung bisa kalian baca disini dan sini

Karena banyaknya wisatawan yang datang berkunjung kebelitung, tempat wisata pun sekarang banyak di belitung, jadi wisata di belitung gak hanya pantai ajah. tahun 2017 ini gw udah balik ke belitung 2 kali. biasanya gw pulang 1 tahun sekali ketika lebaran. :D berikut ini beberapa tempat yang gw datangin ketika gw pulang.

1. Museum Kata Andrea Hirata

Pasti udah kenal khan Andrea Hirata siapa?, yup, dia adalah pengarang buku laskar pelangi. dia mendirikan museum kata di tempat kelahirannya di daerah gantung.

Perjalan dari tanjung pandan ke museum kata Andrea Hirata sekitar kurang lebih 40-45 menit jika naik mobil.

Dulunya tidak dikenakan biaya masuk untuk berkunjung ke Museum Kata, tapi kemaren ketika gw kesini lagi dengan teman gw, biaya masuk yang dikenakan untuk kunjungan adalah sebesar Rp. 50.000,- dan mendapatkan 1 buah buku.

Karena gw dan teman gw sampai di sana kepagian, untuk museum sendiri bukan pukul 10.00 WIB pagi.

jadinya cukup berfoto di depannya saja.

2. Bendungan PICE Besar

Masih di daerah yang sama gantung, kalian bisa berkunjung ke bendungan PICE, sebenarnya sieh gak ada yang menarik disini, karena yang dilihat hanya sungai dan bendungan saja, tapi semilir angin di sini enak banget :D

Bendungan PICE sendiri di bangun sekitar tahun 1936-1939 nama PICE sendiri sebenarnya nama insinyur yang membangun bendungan ini yaitu VANCE, tapi karena warga sekitar gak bisa membaca ejaan nama insinyur ini, maka mereka memanggil bendungan ini bendungan PICE.

Dan bendungan PICE ini juga menjadi lagu daerah di belitung. ketika gw SD, gw nyanyiin Lagu. dan gw masih ingat.

liriknya begini :

kepice yuk kepice~
ade jeramba gede~
aik gemburo-gemburo~
bebueh-bueh~

musim hujan banyak ikan kecik~
terkenal namenye cempedik~
ukan linggang ukan juwa kelik~
makan sepinggan nak mubo agik~

3. Replika SD Muhammadiyah

Masih di kawasan yang sama, Replika SD Muhammadiyah ini sengaja dibangun oleh kru produksi Laskar Pelangi, jadi ini adalah Tempat lokasi Syuting. untuk SDnya sendiri udah gak ada.

Untuk biaya masuk Replika SD Muhammadiyah masing-masing dikenakan biaya sebesar Rp. 3000,- dulu sepertinya gratis :D

4. Rumah Keong Belitung

Rumah keong letaknya di depan Replika SD Muhammadiyah, gw gak mampir ke karena gw sampai di gantung panas banget. tuk berkunjung ke rumah keong enaknya sore hari ketika gak panas. bisa sambil duduk-duduk santai disini.

5. Danau Kaolin

Dari Bandara Hanandjoedin yang menuju kota tanjung pandan, sebelumnya mampir dulu ke danau Kaolin ini. karena letaknya diantara keduanya. danau Kaolin ini adalah galian bekas kaolin yang sudah di tinggalkan dan karena air hujan dan alam didapat warna air yang cantik biru toska.

6. Bundaran Batu Satam

Monumen Batu satam letaknya di pusat kota tanjung pandan, monumen ini baru di bangun berapa tahun yang lalu, sebelumnya disini bukan bundaran melainkan persimpangan jalan dan sebelumnya tugunya itu lambang daerah belitung yaitu ikan dan parang.

Berkunjung ke bundaran batu satam enaknya sieh malam hari. karena ada lampu hiasnya dan adem.

7. Bukit Peramun

Wisata bukit peramun ini sudah di kelolah dengan baik dan masih ada penambahan infrastruktur untuk memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke bukit peramun ini. untuk biaya masuk di kenakan sebesar Rp. 10.000,-

Diatas bukit ini kita bisa melihat pemandangan pulau belitung dan batu melihat batu yang ada di atas bukit ini. belitung terkenal dengan batu-batu besarnya. gak hanya di pantai, batu-batu ini juga ada di atas bukit.

Datang kesini enaknya pagi, karena sekalian olah raga.

8. Mie Rebus Belitung Atep

Sebenarnya tempat makan yang menjual mie rebus banyak, dan gw juga kalo kepengen mie rebus tinggal minta nyokap gw masakin, tapi karena kemarin gw pulang bareng teman gw, jadinya mereka gw ajakin makan di sini. dan emang mie rebus ini sering masuk tv nasional sieh kalau ada acara travel atau kuliner di belitung. untuk biaya per porsinya Rp. 15.000,-

9. Kong Djie Coffee

Ini yang menjamur di belitung, di belitung gak ada starbuck adanya Kong djie Coffee. ini seperti francaise gitu. dibanyak tempat ada kong Djie Coffee ini.

Tapi kalo warung kopi yang Kong Dji aslinya dekat dengan pelabuhan tanjung pandan di Jalan siburik barat no.4.

Pilihan kopi yang bisa kalian pesan.
- kopi hitam
- kopi susu

Sedangkan gw waktu itu nyobain di Kong Dji Coffee OS di Kampung Parit. masih pagi gw dan temen gw udah mampir ke sana dan gw pesen 2 gelas besar es kopi susu. mantap :D

Masih banyak empat wisata belitung yang gw sendiri belum datangin. apalagi wisata alamnya.
semoga sedikit membantu teman-teman yang ingin berkunjung ke belitung dan hanya tau pantainya ajah. mungkin 3 hari wisata kebelitung sekarang gak cukup ya :D