Jalan - Jalan : Unpredictable Korea [Persiapan]

10:39 PM

Kenapa Judulnya Unpredictable Korea ??, Karenaaaa.....

Pokoknya mah gak nyangka ajah..., dapat tiket promo, dapat penginapan murah, visa approval, ijin cuti approve, uang tabungan berjangka cair dll.

Tiket Promo

Hunting ticket di bulan maret 2016 promo Air Asia, cari tiket via jakarta - busan atau jakarta seoul harga di sekitaran 1,5an, temen gw dini galau antara mau ambil promo airasia atau nunggu garuda travel fair. Cek tikt promo dari situs airasia sendiri dan situs traveloka, akhirnya kita dapat penerbangan KL - Busan pada hari sabtu 6 november 2016 penerbangan jam 01.15 - 08.30 via traveloka. belum termasuk bagasi. kita gak beli tiket pulang pergi karena kita gak mau bolak-balik via busan dan tiket balik dari seoul - KL atau seoul - Jkt one way mahal.

Selang berapa minggu, tanggal 25 maret 2016,libur long weekend, gw bangun ambil hape dan iseng buka aplikasi traveloka, dan penerbangan seoul-jakarta untuk tanggal 13 november 2016, dan trnyata tiket airasia ada promo. jadinya issue tuk penerbangan Seoul - KL - Jakarta hari minggu tanggal 13 november 2016 jadwal penerbangan 09.35 - 15.20 dan 18.45 - 19.55

Karena dalam 1 bulan gw udah jajan tiket banyak banget, jadinya tiket Jakarta - KL di hold tuk pembeliannya. dan tiket baru gw beli h-30 sebelum keberangkat gw. dan itu bukan harga promo :D

Berikut perincian tiket pesawat di tambah bagasi :

Biaya- Biaya

Penginapan

Karena transit 1 hari di kuala lumpur, jadi rencananya kita nginap di bandara ajah. tapi karena ada promo tune hotel di KLIA2, akhirnya kita ambil promo menginap di tune hotel.

Untuk penginapan di busan kita pilih di kawasan pantai Haeundae, cari-cari penginapan akhirnya pilih penginapan Haeundae Guest House. posisinya strategis. deket dengan MRT, Daiso, Supermarket, Dapat Sarapan dan pantai Haeudae.

Untuk  di Seoul kita menginap di 1969 Guest House di kawasang hongdae exit.3 kawasannya gak terlalu ramai, penginapannya enak. deket dengan MRT, Mini market, taman cantik, toko-toko cantik, inissfree store dan dapat sarapan :D

Penginapan kita pesan di booking.com kecuali promo tune hotel kita pesen langsung di websitenya.

Biaya- Biaya

VISA

Hal yang bikin deg-degan pastinya yang satu ini, gimana rempesnya email ke HRD minta surat keterangan kerja. mana mintanya diam-diam karena kalau visa di tolak gak malu. :D

Untuk berkas-berkas yang dibutuhkan untuk pengurusan visa :

• Form VISA , http://www.mofa.go.kr/english/visa/images/res/visakorean.pdf
  • Foto 3,5 cm x 4,5 cm dengan latar Putih
  • Paspor Asli + Copy (Lama dan Baru)
  • Copy KK, KTP, Akte Kelahiran, NPWP, BPJS
  • Copy SPT + Bukti Lapor Pajak
  • Rekening Koran 3 bulan terakhir (normal)
  • Surat Referensi Bank Dalam Bahasa Inggris ( gw buat di bank BNI )
  • Surat Keterangan Pegawai
  • Slip Gaji
  • Print Tiket Pesawat dan Penginapan
  • Itinerary

Untuk urus visa gw dan temen-temen gw urus mandiri, tanggal 5 oktober 2016 gw dan adek gw pagi-pagi udah antri cantik di depan pintu masuk kedubes Korea.

Jam 8 Pagi pintu di buka, dan antri ambil lagi untuk ambil nomor antrian. antrian masih belom panjang. gak lama duduk nomor gw di panggil. mas-mas administrasi minta berkas yang kita bawa. total berkas yang gw kasih ada 6 berkas. selesai berkas dikumpulin selanjutnya di hitung biaya visa perorang. dan proses pembayaran. selanjutnya kita bayar cash dan tunggu sesaui dengan informasi tanggal yang ada di form bukti bayar itu.

Tiap hari croscek, informasi data masih pengecekan, untuk pengecekan status Visa di check disini

Tanggal 10 oktober sore, iseng ngecek masukin nomor password. alhamdulillah VISA APPROVE.
pulang dari kantor udah senyam-senyum :D

Visa Approve

Visa Korea

Karena pertama kalinya pergi ke negara 4 musim, dan pilih main di autumn ditakutkan culture shock tiba-tiba anak tropis main ke suhu dingin, jadi kita prepare asuransi. untuk asuransi yang dipilih asuransi AIG.

Biaya - Biaya
Money Exchange

Untuk tukeran uang hunting dimana yang paling murah ratenya, ngarepnya selalu di bawah 12 rupiah. di tempat langganan di ambasador ngasihnya 12, keatas, tapi akhirnya deal di money changer langganan di Peniti Money Changer dapat rate 11,85. karena di rasa kurang, berapa hari kemudian tuker duit lagi di peniti Money Changer dengan rate 11.75. dan untuk kekurangan uang selanjutnya gw ambil tarik tunai di seoul di bank Shinhan dengan menggunakan ATM BCA dan ratenya lebih rendah lagi rate diatas sekitar 11.30 - 11.50. tapi kena biaya admin 25.000,- atau 30.000,- rupiah kalau gak salah :D.

Tapi di sini, gw konversikan ratenya 1 won = 12 rupiah, biar enak ngitungnya :D

tuker duit

Untuk Ringit gw gak nuker, karena masih ada sisa-sisa uang yang gw punya ketika trip ke malaysia sebelumnya.

Itinerary

Hasil pemikiran bersama, pertimbangan sana-sini. beikut itinerary yang kita buat.
tapi karena waktu dan excited yang sangat tinggi, banyak tempat yang akhirnya kita coret dan menjadi wish list untuk berkunjung ke Korea Selatan LAGI :D

itinerary

Di dalam uang tukeran, gw kurangin biaya penginapan, kenapa?, karena biaya penginapan gw bayar cash di sana, dan uang penginapan tersebut ada di dalam uang tukeran gw. karena biaya penginapan sudah gw masukin diatas.

Jadi total pengeluaran gw keseluruhan adalah sbb :