Perpanjang Paspor Online Kanim Kelas I Khusus Jakarta Barat

10:47 PM

Liat dan check passpor gw yang emang bakalan habis tahun 2016. karena sekarang gw tinggal di jakarta dan sudah punya KK dan KTP jakarta, jadinya gw proses perpanjangan paspor gw di jakarta. paspor gw pertama gw bikin di belitung.


Paspor gw habis bulan september 2016, jadinya 6 bulan sebelum paspor habis gw sudah harus urus perpanjangan paspor.

Mulai gerilya cari-cari informasi gimana caranya perpanjang paspor online.dapat informasi jelas, dan bulan maret gw mulai register untuk daftar perpanjang paspor online.

Untuk perpanjang paspor online berikut prosedurnya :

1. Silahkan masuk ke web imigrasi dan pilih layanan publik dan pilih layanan passpor online dan nanti akan direct ke portal web register online paspor berikut https://ipass.imigrasi.go.id:9443/xpnet/faces/xpnet-main.xhtml



2. Lengkapi entri data diri dulu, karena gw perpanjang paspor jadinya pilihan gw adalah penggantian - Habis Berlaku, gw input nomor paspor lama gw dan untuk pilihannya jenis paspor hanya 48 halaman perorang. karena gw tinggal di jakarta barat jadinya gw pilih kantor Kanim Kelas 1 Jakarta Barat. selanjutnya gw pilih lanjut 



3. Setelah klik lanjut, kita lanjut ke fase 2 yatu verifikasi pemohonan. untuk erifikasi pemohon ini kita masih melengkapi input data dan di dalam ini kita ada informasi input email. yang maka nantinya berkas yang sudah kita submit dan tagihan untuk pembayaran akan dikirimkan ke sisi kita via email.

4. Setelah kita menerima email dari imigrasi yang isinya prosedur pembayaran dan link untuk kita konfirmasi. dan terdapat lampiran yang kita bawa ke bank dan proses pembayaran sesaui dengan yang ditagihkan.



5. Tapi ketika bayar di banknya sendiri nanti ada biaya admin bank, gw sendiri kena biaya admin banknya Rp. 5000,- jadinya gw total bayar Rp. 360.000,-

6. Setelah proses pembayaran selanjutnya konfirmasi pembayaran, untuk konfirmasi pembayaran buka email yang dikirimkan imigrasi sebelumnya, di body email terdapat link untuk kita konfirmasi pembayaran. klik linknya langsung direct ke page konfirmasi pembayaran di website imigrasi. masukan nomor di bukti pembayaran bank. biasanya di infoin sama mbak ato mas tellernya.

7. Setelah selesai konfirmasi pembayaran, di page selanjutnya adalah konfirmasi tanggal kedatangan. nah ini dahsyatnya di kanim jakarta barat itu tanggal konfirmasi kedatangannya adalah 1 bulan setelahnya yang available dan itupun hanya 3 hari yaitu tanggal 5,6,7 april kalo gw gak salah ingat. jadinya lah gw pilih tanggal 6 april 2016. setelah pilih tanggal kedatangan nantinya akan dapat email lagi dari pihak imigrasi yang isinya adalah surat pengantar dan informasi data kita.


Setelah 1 bulan kemudian

Pagi-pagi sekali gw udah cus ke kantor imigrasi yang letaknya di daerah kota tua. gw sampai di kantor imigrasi sekitar jam 1/2 7 pagi, karena gw register online, maka nomor urutnya pun beda. cari satpamnya, karena yang pegang nomor urutnya satpamnya. gw dapat nomor urut di bawah 10.

Berkas yang gw bawa adalah :

  1. KTP asli dan Copy KTP 1 lembar
  2. Paspor lama dan Copy paspor lama berikut lembar-lembar yang ada cap imigrasinya masing-masing 1 lembar
  3. Akte Lahir asli dan Copy Akte Lahir 1 lembar
  4. KK asli dan Copy KK 1 lembar
  5. Bukti Bayar
  6. Berkas lampiran yang dikirm oleh imigrasi di email terakhir.

Prosesnya sangat cepat. jam 1/2 8 kalau gak salah sudah mulai di panggil. jalur biasa dan online beda. pangilan pertama 5 orang. dan selanjutnya 5 orang dan selanjutnya.
Setelah di check semua berkas lengkap kita di kasih map dan di kasih nomor lagi tuk wawancara dan foto.

Dan pada saat wawancara dan foto ini agak lama nunggunya, saat wawancara dan fotopun gw gak lama. mbaknya nanya mau kemana selanjtnya di foto. selesai.

Gw dikasih kertas untuk ambil paspor. paspor jadi sekitar 3 hari kerja.

Sekitar jam 8 lewat 10 atau 15 gw udah cus berangkat kekantor.

setelah 3 hari kemudian,

Karena pengambilan paspor itu jam 1 siang, jadinya pas istirahat gw udah langsung cus ke imigrasi dan antri paling depan untuk ambil nomor antrian,

Loket buka dan muka gw udah standby nugguin nomor urut.

Setelah pembagian nomor urut selesai, pemanggilan nomor urut kita kasih kertas tuk pengambilan paspor ke staf di loket. setelah itu paspor kita yang baru di kasih.
terus gmn dengan paspor yang lama?,
tenang, kita di suruh copy depan paspor kita yang baru tuk ngambil paspor kita yang lama.
prosesnya gak lama koq. 5 menit selesai tapi tidak dengan antri fotokopi yaaa..

Selamat mencoba proses perpanjangan paspor online. sangat cepat.

NB :

  1. temen gw bikin paspor online di jakarta selatan waktu tunggunya gak sampai 1 bulan kayak gw, 1 mingguan lah dia udah datang ke imigrasi tuk wawancara dan foto.
  2. untuk e-paspor saat ini mesti register manual. dan jadinya 7 hari kerja.



You Might Also Like

1 comments