Jalan-Jalan : Backpacker Ke Semarang [Day 1]

5:52 PM

Kamis, 12 November 2015

It's The Day, kalo udah mau berangkat jalan-jalan itu pastinya udah excited banget.., gak hanya gw ajah pastinya khan.., pastinya setiap orang ngerasain yang sama...

Jadwal kereta berangkat jam 11 malam, dan gw gak perlu ijin pulang cepat dari kantor, tp yang pasti ijin cuti tuk hari jum'at udah di approve.

Jam 9 malam gw udah sampai di stasiun senen, nungguin teman gw Wina dan temennya Wina namanya Dio, awalnya emang gw b-2 wina yang jalan dan ternyata ada temannya wina kepengen ngikut juga. ok.., jadinya kita bertiga mulai jalan ke semarang.

Jadwal kereta di tiket jam 23.00 tapi kereta masuk sekitar jam 23.30 dan kereta berangkat jam 00.00 malam menuju semarang. karena udah malam, langsung pules tidur kita be-3 :D . sekitaran jam 3 pagi si wina kebangun dan teriak bocor-bocor.., ternyata aer ac di dalam gerbang bocor.. setelah dia teriak bocor itu dia langsung tidur lagi.., absurd bgt ini anak :))

Namanya juga kereta ekonomi AC jadi jangan harap kenyaman tempat duduk, ada harga ada rupa. tempat duduknya tegak jadinya tidur dengan punggung lurus bikin kram punggung dan sakit pinggang.

Jum'at, 13 November 2015

Jam 7 pagi kereta masuk stasiun semarang poncol. alhamdulillaaah Sampai...

Hai Semarang,

Keluar kereta langsung cari toilet.., pipis, sikat gigi, cuci muka, gambar alis dan pake lipstik semprot parfum dikit yang penting gak keciuman bau iler khan yaaa..

Keluar dari stasiun, ada bapak polisi di pingir jalan, kita tanya jalan menuju penginapan. dan ternyata stasiun poncol dan ke penginapan itu gak jauh.., jadi jalan kaki ajah..,setelah tidur dengan punggung lurus dan kaki pegel, lebih baik pilih jalan kaki tuk merenggangkan otot.., sambil liat-liat di pinggir jalan sapa tau ada warung ato jualan tuk sarapan.

Akhirnya kita berenti di angkringan soto di pinggir jalan, pesen soto ayam dan teh manis panas. sarapan dulu isi perut secara walopun ac kereta bocor, dinginnya lumayan :D

Tuntas makan, lanjut jalan sampai ke penginapan, standar jam check in kamar itu siang tp karena kita dateng pagi dan butuh mandi, jadinya kita check in awal. dan tuk check in awal di kenakan biaya tambahan lain dan sekalian nunggu anteran motor, yup., disemarang kita sewa motor dan pinjem motor sama teman kantor.

kamar hostelnya yang nyaman
Setelah siap ready tuk eksplore semarang, teman kantor gw haru jum'at ini gak bisa nemenin jalan karena masih kerja, dia bakalan gabung sama kita besok. jadinya hanya kita be-3 yang jalan. dengan modal waze aplikasi gps di hp kita mulai petualangan ini...

1. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong ini adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama laksamana tiongkok beragama islam yang bernama Zheng HO/Cheng Ho. (Sumber : wikipedia)

Happy Face, yey, sampai  di semarang

patung jendral Cheng Ho.., ini Patungnya gede Looooh....

kebanyakan klenteng warna merah fire dan semarang semakin membaraaa panasnyaaa...

taken by Dio, foto ini diambil kunjungan kedua dan kondisi pun syudah sore adem dan gw sedang tidur :D

Semarang sungguh membara sodara-sodara...

Kita datang, masuk dan foto-foto bentar setelah itu keluar hahaha....
bukannya bosan, tapi karena berhubung hari jum'at dan temen jalan gw ada yang cowok.., jadinya kita menuju mesjid Agung Jawa Tengah

Perjalanannya ternyata gak deket, bermodal dengan waze, ternyata gak keburu nyampe ke mesjid Agung Jawa Tengah untuk sholat jum'at. jadinya seketemunya mesti dan tempat makan di satu point kita berenti. temen gw dio sholat jumat gw sama wina nungguin sambil makan :D

Setelah dio selesai sholat jum'at, gak menyurutkan kita tuk menuju mesjid Agung ini..., walopun rintangan lumayan yak, seperti salah jalan contohnya di klaksonin angkot gara-gara itu untungnya gak jegat polisi. karena kata temen gw polisi di semarang serem-serem semuah dan SIM gw pun udah mati sejak bulan juli 2015 saat itu gw masih tes tertulis tuk buat SIM baru di jakarta.

2. Mesjid Agung Jawa Tengah

Mesjid Agung ini mesjid yang memiliki payung seperti yang ada di mesjid Nabawi Madinah, dan payung itu gak selalu dibuka hanya pada saat event-event khusus saja.

Sampai di mesjid Agung langsung menuju tempat wudhu, karena giliran gw sama wina yang sholat, sedangkan dio menuju tempat sholat pria tuk istirahat.

Yes.., semarang tambah terik..., lantai marmer mesjid yang kepapar langsung matahari panasnya dahsyaaat..., tp tetep gak menurunkan semangat tuk foto-foto :D

4 payung di mesjid agung jawa tengah

mesjid agung jawa tengah unlock

taken by wina
Setelah puas foto-foto kita lanjut balik lagi ke kuil sam pho kong lagi tuk lanjut foto-foto. bolak-balik yaa.., iya emang :D
Yuk kita lanjut ke next stop yaitu lawang sewu.

3. Lawang Sewu

Lawang Sewu ini salah satu bangun bersejarah, tp karena kita datengnya sore berasa agak horor.. tapi khan emang katanya emang horor bangunannya yaaak.. kita hanya ekspore bagian luar bangunan dan masuk ke museum dorama atao foto-foto tentang kereta api.

Lawang sewu ini posisinya deket dengan kantor cabang perusahaan tempat kerja, jadinya kita parkir motor di kantor dan jalan kaki menuju lawang sewu.

Bangunan Lawang sewu

lawang sewu = unlock
halaman tengah lawang sewu

Selamat Sore

lawang Sewu

kereta api

Setelah cukup foto-foto di lawang sewu, kita balik lagi ke kantor cabang dan ketemu sama temen kantor gw yang besok bakalan ngajakin kita jalan-jalan tuk explore semarang lebih lagi.