Membuat Cemilan : Brownies Panggang

10:28 PM

Selamat Malam...

Udah bulan februari ajah ini... :D

Wuah..., jakarta udah mau siap-siap siaga banjir nieh.., hari ini ajah hujan cetar dari pagi dan mendung menggantung... sekarang sieh udah berenti ujannya....,

Jadinyaaaa..., seharian di kostan ajah...,
bangun siang, wuah.., tidur diatas kasur nikmat banget sambil nonton tipi... :D

Karena dari seminggu kemaren makan wuah banget, jadinya hari ini gw masak ajah..., masak sederhana yang ada di kulkas ajah, secara mau keluar ujan deras khan...

Jadinya gw inisiatif mau buat brownies.

Ini pertama kalinya gw buat kue sendiri.., kenapa?, karena biasanya yang buat kue adek gw dari mixing dan panggang. sedangkan kerjaan gw adalah bagian preparation.

Kadilah tadi sore hujan rintik-rintik, gw pergi ke superiondo belanja bahan yang sebelumnya gw cari dulu di internet tata cara bikin brownies.

Bahan untuk buat brownies panggang.
1. 200 gram Dark Cooking Chocolate
2. 1 sachet mentega 200 g
3. terigu 150 gram / 30 sdm
4. gula halus 120 gram / 24 sdm
5. 3 buah telor
6. 1/2 sdm garam

Cara membuat :

1. tim bersama DCC, mentega dan garam sampai meleleh, sisihkan sampai agak dingin/hangat
2. campurkan gula halus dengan coklat tim tadi lalu aduk-aduk
3. setelah tercampur masukkan telur, lalu aduk
4. dengan perlahan masukkan terigu
5. masukkan adonan kedalam loyang lalu panggan di oven dengna suhu 170-180 selama 35 menit.





Resep didapat di sini 



Nah..., jika diliat cara membuat sieh ok-ok ajah...,

Tapi.., masalah panggangan nieh..., gw punya panggangan oven yang belom pernah gw pakai sama sekali, belinya juga baru 1 bulanan.., nah ini perdananya gw pake.

Jadinya gw setting dengan suhu 190 derajat dan lama 40 menit. dan ternyata setelah 40 menit kemudian bagian atas dan tengah belum matang. masih adonan malah.., padahal gw udah ganti dari api bawah menjadi api atas di 15 menit terakhir.

Akhirnya gw masukin lagi dan setting api atas bawah masih di suhu 190 setting 25 menit, dan sekitar 10 menitan gw liat bagian atasnya udah gosong.
karena gw penasaran, akhirnya browniesnya gw belah dua..., dan ternyata bagian tengahnya belom mateng sodara-sodara..., ak kudu piyeeee????

Akhirnya gw masukin lagi, tapi temparatur gw set menjadi 160, kita tunggu timer sebelumnya sampai selesai.

Dan setelah timer selesai, gw check lagi, masih belom mateng bagian dalamnya..., OMG..., gw sediiiih... gw icip dikit enak loh sodara-sodara..., tapi belom mateeeng...

Akhirnya gw masukin lagi ke dalam oven, gw setting suhu 170, dan hanya pakai api bawah..., setting 15 menit H2C nieh gw.., berharap bisa OK dan gak gagal.., udahlah yak atasnya gosong.., masak bagian dalamnya setelangah matang...

Setelah menunggu 15 menit, ternyata maih tetap sama sodara-sodara... awalnya gw tarok loyangnya di posisi tengah.., dan sekarang gw pindahin ke posisi bawah.., dan gw masukin lagi dengan suhu 160 dan timer 10 menit.

Gw tunggu lagi...,

Dan hasilnya :


Tolong abaikan gosog bagian atas yaaak..., tapi rasanya enaaak banget sodaraa- sodaraa...


You Might Also Like

2 comments

  1. eh itu klo tengahnya masih agak lembek biarin aja dulu, jangan di apa2in. nanti setelah mendingin biasanya lebih padet. klo udah adem baru dibelah2, Ni resep brownies paling fave aku, lengkap ama step2nya:
    http://www.justtryandtaste.com/2011/05/brownies-klasik.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuah...kece ini website...,

      ini pertamakalinya loh gw baking sendiri..., dan cukup memuaskan laaaah.., cara gw dan dia hampir sama..., cuman dia ditambah bubuk cocoa, sedangkan gw ngak pake.

      btw, beli kacang almond dimana yak?, soale di superindo palingan adanya kacang mete.

      selain tuk bikin kue lumayan untuk cemilan juga itu almond :D

      Delete