Jalan – Jalan : Hai Vietnam, Good Bye Hanoi Welcome Danang

11:12 AM

Hari terakhir di Hanoi, untungnya langit pagi cerah, setelah semalam tiba-tiba Hanoi diguyur hujan. Minggu pagi ini suasana di old quarter tetap ramai. Toko-toko souvenir di seputaran penginapan sudah buka. Gw dan noe pagi ini akan keliling di seputaran old quarter yang bisa di tempuh dengan jalan kaki.

Kawasan Old Quarter Hanoi

banyak Coffee Shop di seputaran Hoan Kim Lake

Dari penginapan jalan 5 menit kita sudah sampai di hoan kim lake.
Pagi ini jalanan seputar hoan kim lake lake di tutup, atau memang tiap hari di tutup, gw gak tau. Karena ini pertama kalinya gw jalan ke hoan kim lake. Jadi berasa kayak car free day gituh.
Banyak orang tua yang bersantai  di pinggir danau menikmati udara pagi, ada yang mancing, dan ada juga yang olah raga.

Kakek Yang Sedang Mancing dan yang menikmati Pagi di Hoan Kim Lake

Ibu -Ibu yang latihan Taichi i di seputaran Hoan Kim Lake

danau tanpa pembatas, gak tau deh kedalamannya berapa meter ini :D
Ditengah danau hoan kim lake ini ada temple Ngoc Son Temple untuk menuju temple ini kita melewati red bridge atau jembatan merah, warna yang kontras dengan warna hijau di seputaran danau. Biaya masuk ke temple adalah sebesar   30.000 dong. Di dalam temple juga banyak penduduk Hanoi yang berdoa.

red bridge yang menghubungkan Ngoc Son Temple

pintu masuk Ngoc Son Temple

red bridge

Ngoc Son Temple

Dan di tengah Hoan Kim Lake, yang menjadi Iconic bangunan Sendiri itu turtle tower

turtle tower

Setelah selesai keliling di seputaran temple Ngoc Son, kita keluar dan jalan menyusuri  hoan kim lake. Diberhentiin 2 orang mahasiswa yang ingin ngajak kita ngobrol pake bahasa inggris. Mereka bertanya kita berasal dari mana, berapa lama di Hanoi, bagaimana kesannya berkunjung ke Hanoi. Setelah selesai, kita foto bareng. :D

mahasiswa cewek yang cantik
Masih di kawasan hoan kim lake, di sini ada mall Trang Tien Plaza yang menjual barang-barang branded. Sayanngnya karena masih pagi mallnya belum buka.

trang tien plaza, mall yang juda barang branded di Hanoi

Jalan gak jauh dari Trang Tien Plaza mall, posisi Fanny ice cream berada di seberangnya. Untuknya ketika kita datang toko sudah buka, walaupun variant es krimnya belum banyak. Harganya lumayan lah untuk 1 scoop es krim dan dimakan di pagi hari dan belum sarapan. :D

Gw beli 1 coop es krim rasa vanilla, dan noe beli smooties raspberry. Duduk santai sambil foto-foto selanjutnya kita jalan menuju starbucks.

tampilan Luar Fanny Ice Cream

walaupun makan es krimnya di cup, tetep dapat waffle keringnya enak di Fanny Ice Cream

ketemu store es krim ini gak sengaja, tapi pernah baca di blog ada yang rekomendasi makan es krim di fanny 100% natural ice cream ini

Store Starbucks di Hanoi gak banyak, untungnya ada deket di kawasan hoan kim lake. Gw gak beli kopinya koq, tapi beli tumblernya. :D. misi beli tumbler selesai kita lanjut ke mesjid annoor untuk makan.

beli tumbler di starbuck hanoi, sayang gak dapat free drinknya sama kayak di malaysia, ketika di korea, hongkong bahkan di indonesia pun setiap jajan tumble pasti dapat free drink
Dari starbuck store kita pesan grab mobil ke mesjid annoor. Setelah sampai di mesjid annoor, kita menuju canteen zaenab tuk makan pho. Tapi ternyata hari minggu dia tutup. Dan kita ketemu dengan pengelolah kantin yang kita ketemu sebelumnya. Akhirnya kita di tawarin makan pho oleh dia di tempat dia makan.

legit pho

Bismillah dan Alhamdulillah Kenyang
Bismillah dan Alhamdulillah :D

Setelah selesai makan kita lanjut lagi ke pasar Cho Dong Xuan karena gw penasaran dengan teh hijau rasa lotus. Jadi di pasar ini gw beli teh hijau rasa lotus dan kopi  G7 untuk oleh-oleh. Setelah selesai kita langsung pulang ke penginapan untuk chek out dan berangkat menuju bandara.

ketika gw masuk ke pasar ini gak, di bagian lantai bawah banyak jualan souvenir dan oleh-oleh vietnam sedangkan di lantai 2nya banyak dijual bahan Ao Dai.
Dari penginapan ke bandara kita pesen taksi dari penginapan, sampai di bandara kita pergi ke terminal domestic.

Karena tujuan kita adalah danang kawasan Vietnam tengah. Sebelumnya self check in dulu.

lets go DANANG
Pengecekan xray di bandara Hanoi kalian harus lepas semuanya. Jam tangan, jaket, sepatu, handphone semuanya di xray.

di ruang tunggu ada menuju danang
Penerbangan dari Hanoi ke danang kita menggunakan vietjet. Pesawat low costnya Vietnam.
Maskapai penerbangan yg viral pramugarinya pakai bikini. Penerbangan delay 1 jam. Jarak tempuh Hanoi – danang sekitar 1 jaman. Alhamdulillah di pesawat di jual makanan halal. Udah kelaparan karena gak ada makanan yang bisa di beli di bandara. tuk penerbangan dari hanoi ke danang pramugari vietjet menggunakan setelan setelah safari.

Hai Vietjet

pramugari - pramugari cantik di vietjet

good bye Hanoi, insya allah balik lagi

ngeri nyari makan susah nanti malam, untungnya ada menu makan halal di pesawat, jadinya gw sama noe beli makan di pesawat
Sampai di danang sudah gelap, namun di sambut dengan gemerlap lampu.

Hai Danang
Danang is city of light. Keluar dari danang internasional airport mata ini langsung gede dan mulut gak bisa berenti bilang wow. Lampu dan dekorasi penghias jalan bagus-bagus.

WELCOME TO DANANG CITY
lampu iklan besar dan terang

lampu hias di sepanjang jalan menuju pusat kota

lampu hias disepanjang jalan menuju pusat kota

Dari bandara danang letaknya di pusat kota. Jarak dari bandara ke hotel di kawasan han river gak jauh. Tetep transportasi dari bandara ke hotel kita menggunaan grab.

Happy Day Hotel letaknya tepat di depan Han River Danang

Sampai di penginapan kita check in dan tarok barang, lalu keluar ke han river untuk nikmatin malam. Dan mengecek sekitar hotel. Di belakang penginapan ada tradisional market. Disekitar hotel banyak café-café namun kita gak nemu minimarket. namun di belakang penginapan ada pasar besar, tapi sayang karena sudah malam, pasarnya sudah tutup.

cafe di sekitar penginapan

malam di pinggir han river

dragon bridge

lepek, gerimis, foto dulu sebelum hujan turun
Gak lama setelah kita keluar, danang pun di guyur hujan. Yuk lah balik ke penginapan tuk istirahat.